Secara
penampilan fisik luar ,….pesawat Boeing 737 Surveillance TNI-AU memang seperti
pesawat komersil biasa… tetapi,.. aslinya,… kemampuannya memang sangat luar
biasa… Pesawat ini tarnyata dapat mengawasi seluruh kegiatan diatas permukaan
laut perairan laut Indonesia yang luasnya 8.5 juta kilometer persegi…
Menurut dari
segi tugasnya,… Pesawat Boeing 737 Surveillance
yang mana,.. TNI—AU memiliki 3 buah pesawat semacam ini,… adalah bertugas
melakukan pengamatan udara dan maritime ( air and maritime surveillance ). Berpangkalan di Skuadron Udara 5 Pangkalan udara Hasanuddin
Makassar… Secara bergiliran,… ketiga
pesawat ini,…mengawasi secara sistematis,.. ruang udara, kondisi daratan, dan
perairan.,.. lokasi atau tempat dari aktivitas sekelompok manusia atau obyek
lainnya,…secara visual, aural, fotografis, elektronis, atau dengan cara
lainnya….
Perngawasan
udara memang sangatlah penting untuk Negara sebesar Indonesia,.. guna mencegah
pengambilan ikan secara illegal oleh nelayan asing,… dan untuk menggagalkan
berbagai kegiatan penyelundupan,.. semisal penyelendupan kayu, minyak dsb… yang
masih banyak di lautan Indonesia …
Skuadron
udara 5 TNI-AU yang bermarkas di Pangkalan
udara Hasanuddin Makassar,.. menerima ketiga pesawat Boeing B 737-200 2X9
Surveiller,.. untuk menggantikan Grumman UF-1 Albatross… Pesawat yang mendapatan julukan nama “Camar
Emas”…ini mendapatkan nomor registrasi AI-7301, AI-7302, dan AI-7303 … Pesawat-pesawat ini dipesan pada bulan APRIL
1981 dan dikirim secara marathon mulai tanggal 20 Mei 1982, 30 Juni 1983, dan 3
Oktober 1983 …. Dengan jumlah 3
pesawat,… berarti tiap pesawat idealnya melakukan kegiatan pengamatan sepertiga
dari wilayah Indonesia….
Menurut kemapuannya,, pesawat ini tidaklah kalah,.. dengan pesaingnya,… pesawat pengintai sejenis yang dimiliki Negara lain yang sudah terkenal,.. diantaranya…. Seperti E-8-J- STARS ( Joint Surveillance and Target Attack Radar System ),… E-3 Sentry AWACS, Beriev A-50 Mainstay AWACS, DC-8-72F SARIGUE NG, P-3C Orion atau pesawat B737-700 Wedgetail Next Generation yang dimodifikasi untuk penugasan intelejen….
Boeing E 3 Sentry |
Beriev A-50 Mainstay AWACS |
DC-8-72 F SARIGUE NG |
P-3C Orion |
Anda tak percaya..?... Ini.. Simak beberapa sistem alat pengendus nya :
Pada moncong hidungnya,…terdapat RADAR DOUBLE AGENT AN/APS-504 (V) 5 … selain memiliki fungsi konvensional,.. radar ini bisa disetting untuk mendeteksi sasaran di permukaan atau di udara… Jangkauan radarnya luar biasa,… yaitu 256 Nm (Nautical Miles )…
Sistem Navigasi dan komunikasi nya,… sangat terpadu,… Pesawat ini,… dilengkapi dengan sistem navigasi INS LTN-72R… yang terintegrasi dengan GPS… mengingat sangat pentingnya intelejen udara,… maka sistem komunikasi bukan hanya wajib,… tetapi harus pula memiliki tingkat aksesbilitas yang tinggi dan memadai…Untuk Boeing 737 surveillance ini,.. saluran telepon bisa terhubung langsung dengan “komando pusat”…Penampilan instrument kokpit pilot juga telah menggunakan teknologi pilot color high resolution display…
Pesawat Boeing 737 surveillance ,… melakukan kegiatan mengawasi dan pengintaian di lautan Indonesia,… Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE )… serta alur laut kepulauan Indonesia (ALKI)… Selain itu bertugas untuk mengawasi wilayan musuh tanpa harus terbang dias wilayahnya….
Didukung oleh 64 awak kru pesawat,… terdiri atas ..2 orang instrukur/ kapten pilot, 12 co pilot, 16 juru mesin udara (engineering), lima juru muat udara (load master), 10 operator console, 14 observer, 3 juru foto udara, dan 2 flight surgeon.
Pada tanggal 14 September 1993,.. pesawat Boeing 737 AI-7301 kembali dari AS.. .. setelah mengalami program peningkatan kemampuan dari beberapa system penjejaknya,.. yaitu Slammr Real Time ( SLAMMR ) , Infra red Detection System (IRDS),.. Search radar , sistem navigasi dan komunikasi yang terintegrasi dengan DPDS ( Data Proccesing Display System ) .. sedangkan untuk modifikasi pesawat AI-7303 dilakukan oleh pihak PTDI Bandung… Salah satu jasa tugas pesawat ini adalah saat ikut serta mencari lokasi jatuhnya pesawat Adam Air di Laut Sulawesi…
SHARE ARTIKEL INI KE TEMEN-TEMEN ...
0 komentar :
Posting Komentar